JASA PONDASI BORE PILE

JASA PONDASI BORE PILE - Pondasi bore pile merupakan salah satu jenis pondasi yang pemakaiannya tidak hanya di Indonesia melainkan digunakan seluruh belahan dunia ini. Jasa pondasi bore pile ini masuk kedalam kategori pondasi dalam, yang mempunyai fungsi antara lain yaitu perkuatan tanah, penerus beban bangunan, penahan dinding tanah agar tidak longsor, dan masih banyak lagi fungsi lainnya yang bisa dimanfaatkan dari jenis pondasi bor pile ini. 

Pengertian dari pondasi bore pile yaitu jenis pondasi yang mempunyai bentuk menyerupai dengan tabung panjang dengan ukuran diameter masing-masing kebutuhan pada perencanaan konstruksi pondasi. Panjang atau kedalaman dari jasa pondasi bore pile ini beragam yang di antaranya mulai dari 6 meter sampai dengan 25 meter. Tergantung kebutuhan dengan perhitungan atau kekuatan jenis tanah di daerah tersebut, yang pada umumnya di lakukan terlebih dahulu pengetesan jenis kontur tanah ( soild test ) menggunakan test sondir, agar bisa melihat tingkat kekerasan atau jenis tanah pada suatu daerah yang akan dikerjakan pondasi bor pile tersebut. 

Pada praktek teknisnya jasa pondasi bor pile yang kami kerjakan bisa mengerjakan diameter atau lubang pengeboran yang nantinya akan dimasukkan tulangan besi dan kemudian di cor dengan beton di tempat ini meliputi diameter antara lain : 30 cm, 40 cm, 50 cm, 60 cm, 80 cm. Dari beragam diameter dan kedalaman pondasi bor pile tersebut tentunya harus memiliki perhitungan perkuatan kondisi lapisan di daerah tersebut yang akan di didirkannya bangunan atau jembatan yang sebagaimana akan menggunakan pondasi bore pile untuk perkuatannya. 

Jasa pondasi bor pile yang kami kerjakan agar tercipta pondasi yang kuat dan kokoh maka pada pelaksanaanya yaitu dengan metode atau cara dengan urutan sebagai berikut : 


1. PERSIAPAN ATAU PENGESETAN ALAT BORE PILE

persiapan alat bore pile
persiapan alat bore pile
Untuk cara yang pertama kali dilakukan dalam pengeboran jasa pondasi bore pile yaitu persiapan alat dan pengesetan alat sampai berdiri tiang menara mini crane agar bisa difungsikan sebagai mestinya dalam proses pengeboran pondasi bor pile nantinya.

2. PROSES PENGEBORAN JASA BORE PILE

Pada prosesnya pondasi bor pile terbagi menjadi 2 metode pengeboran, yaitu :
  • Pengeboran metode bor kering [ dry drilling ] : pada metode ini pengerjaan proses pengeboran tidak membutuhkan air untuk membuat kedalaman pengeboran ditentukan, tetapi metode ini tanah yang di bor tidak boleh mengandung air atau pada kedalaman tertentu tidak mengeluarkan sumber air. Pada pelaksanaannya metode bore pile kering ini pada umumnya (menurut pengalaman jasa yang kami kerjakan ) hanya mampu mengerjakan dengan kedalaman rata-rata maksimal pada 8 meter. Metode ini sering digunakan pada pengeboran pondasi bor pile dilokasi proyek gudang yang sudah difungsikan. 
    metode bor pile kering
    proses bor pile kering
  • Bore Pile metode bor basah [ wash boring ] : proses jasa pengeboran pondasi bore pile dengan metode bor basah ini memerlukan air yang cukup banyak, karena pada metode ini jenis tanah yang dibor mengandung air dan termasuk dalam kategori tanah yang keras seperti padas dan tanah berpasir. Untuk menghindari runtuhnya lapisan tanah atau longsor maka harus di pasang chasing pada lubang hasil pengeboran. Mata bor yang digunakan pada metode ini dinamakan mata bor pile cross bit yang memiliki kecepatan putar sekitar 375rpm dan tekanan sekitar 200 kg. 
    metode bor pile basah
    metode bor pile basah
    Pada metode ini kedalaman pengeboran pondasi bor pile bisa mencapai kedalaman rata-rata 20 m - 25 meter. Untuk mendapat hasil yang maksimal maka setelah pengeboran mencapai kedalaman yang ditentukan maka segera hentikan tekanan pada mata bor ( tetapi mata bor dibiarkan berputar dan air sirkulasi tetap mengalir sampai serpihan tanah terdorong keluar dari lubang bor pile seluruhnya). Selama proses ini berlangsung maka siapkan rangkaian tulangan besi dan pipa tremi untuk dilanjutkan proses pengecoran agar tercipta hasil yang maksimal dan mutu pondasi bor pile yang kokoh. 
3. PEMBERSIHAN LUBANG PENGEBORAN & PERSIAPAN BESI TULANGAN

Pada proses pembersihan lubang dilakukan apabila didalam lubang pengeboran terjadi pengendapan lumpur pekat yang nantinya pada saat di tuang adukan beton tidak bisa keangkat dan mengakibatkan mutu beton bercampur dengan lumpur pekat tersebut. Maka harus dilakukan pembersihan dengan dibantu alat pembersih yang dinamakan cleaning bucket dengan ukuran masing-masing atau dibedakan dengan diameter lubang pengeboran bor pile tersebut. Untuk memastikan lubang bor pile sudah bersih dari lumpur pekat maka dengan cara pengukuran kembali dasar lubang bor pile menggunakan alat ukur. 
besi tulangan
persiapan besi tulangan
Pada saat proses pembersihan berlangsung maka segera siapkan besi tulangan yang sudah diinstal agar terhindar dari longsornya lubang hasil pengeboran bor pile. 

4. PEMASANGAN BESI TULANGAN BORE PILE
besi tulangan bor pile
pemasangan besi tulangan bor pile
Kerangka besi tulangan yang sudah ter-instal di angkat menggunakan bantuan tiang pada alat bor pile dan diputar dengan diesel menggunakan seling pemutar dalam posisi tegak lurus menghadap pada hasil pengeboran lubang bor pile dan di turunkan secara hati-hati agar tidak terjadi persinggungan dengan tanah pada lubang bor pile tersebut. Apabila kedalaman pondasi bore pile lebih dari 12 meter maka untuk penggunaan besi tulangannya dengan cara menyambungkan dengan diikat menggunakan kawat beton dengan panjang overlap 50-60 cm. 

5. PENGECORAN JASA PONDASI BOR PILE
pengecoran bor pile
pengecoran bor pile
Untuk melakukan pengecoran pada pondasi bor pile ini bisa menggunakan mutu beton k-250 (menggunakan molen diesel) atau dengan menggunakan mutu k-300/k-350 ( ready mix ) tergantung dengan spesifikasi perhitungan perkuatan mutu pondasi tersebut. Untuk mendapat hasil pengecoran dengan mutu pondasi bor pile yang kuat dan kokoh maka pengecoran kedalam lubang bor pile yang sudah dimasuki besi tulangan tersebut dipasang pipa tremi / chasing cor agar mutu beton tidak tercampur dengan lumpur. Cara penggunaan pipa tremie atau chasing lubang cor yaitu pada saat beton di tuangkan kedalam lubang maka sedikit demi sedikit pipa tremie di angkat secara perlahan sampai dengan lubang bor pile terisi penuh dengan adukan beton dan disaat bersamaan maka lumpur dan air akan naik ke atas permukaan dan tidak bercampur dengan mutu beton pengecoran. 

Dengan begitu maka akan menghasilkan mutu pondasi bore pile yang kuat dan kokoh. Dengan hasil pondasi yang kuat tentunya akan menghasilkan mutu bangunan yang kuat dan kokoh pula, agar terhindar dari penurunan tanah dan peretakan pada dinding bangunan nantinya. 

Apabila pondasi bore pile dikerjakan oleh penyedia jasa pondasi bore pile yang paham dengan metode dan spesifikasi pondasi maka akan menghasilkan pondasi bor pile yang sempurna. 


Bagi anda yang sedang mencari dan membutuhkan jasa untuk pembuatan pondasi bore pile maupun strauss pile { bor pile manual } yang langsung dikerjakan oleh tenaga ahli dan profesional dan didukung oleh alat dan tenaga yang memadai serta harga murah bersaing. 

HUBUNGI ANGGA

CALL    : 082137083183
E-MAIL : anggavondation@gmail.com

MORODADI CONTRACTOR
Jl. Sunter Muara 2 no. 35, Sunter Agung
Tanjung Priok, Jakarta Utara
Telp. 021-26075264

keyword terkait : jasa bor pile, bor pile, pondasi bore pile, strauss pile, metode bor pile, proses bore pile, bore pile, 

0 Response to "JASA PONDASI BORE PILE"